Belajar Membuat Fungsi Tombol Pada excel

.
.

Belajar Membuat Fungsi Tolbol Pada Excel 2007 Seperti yang diketaui dalam materi kursus-kursus online ataupun offline, Microsoft Excel selalu memberikan kemudahan kepada penggunanya. Kemudahan dalam memanfaatkan fungsi-fungsi yang terdapat pada excel untuk bisa diterapkan dalam membantu suatu pekerjaan yang berhubungan dengan excel.

Fungsi tombol pada excel biasanya dipakai untuk menyimpan data, membuka data, atau menghapus data. Dan pada kesempatan ini akan membahas tentang fungsi tombol yang digunakan untuk merubah warna dengan memanaatkan fungsi developer.
Terlebih dahulu, buka Microsoft excel, kemudian letakan kursor pointer pada sel B3, seperti ini.
fungsi tombol pada tab developer excel 1 

Selanjutnya arahkan kursor ke tab develover, pilih Recor Macro. Maka akan tampil jendela berikut.
memunculkan fungsi tombol pada tab developer excel 
Macro name Isi dengan tulisan “Kuning”, Klik OK. Pada saat excel berada pada kondisi sedang merekam, kita buat sebuah tabel dengan diberi warna kuning.
fungsi macro pada tab developer excel 
Kemudian arahkan kembali ke tab developer, klik bagian Stop Recording. Setelah itu kembali tempatkan kursor pada sel B3.
fungsi tombol pada tab developer excel 4

Selanjutnya arahkan kursor ke tab develover, pilih Record Macro. Maka akan tampil jendela berikut.
letak record macro pada tab developer excel
Macro name Isi dengan tulisan “Merah”, Klik OK. Pada saat excel berada pada kondisi sedang merekam, kita ubah tabel warna kuning menjadi merah, seperti berikut.
Fungsi tombol pada tab developer excel 
Kemudian arahkan kembali ke tab developer, klik bagian Stop Recording. Masih pada tab developer, pilih bagian insert. Lalu pilih button seperti berikut.
fungsi tombol pada tab developer microsoft excel 7 
Klik bagian button tersebut, maka akan muncul jendela Assign Macro, pada klom macro name kita pilih tulisan Kuning, Klik Ok. seperti berikut.
fungsi tombol excel 
Setelah itu tempatkan button tersebut di samping tabel yang telah di beri warna, kemudian klik kanan pada button, pilih edit text. Ubah nama Button1 dengan nama kuning. Selanjutnya kembali lagi ke tab developer, pilih insert, Lalu pilih button. Klik bagian button tersebut, maka akan muncul jendela Assign Macro, pada klom macro name kita pilih tulisan Merah, Klik Ok. Ganti nama Button2 dengan tulisan Merah. Maka hasilnya seperti beikut.
membuat fungsi tombol pad excel 
Mari kita lakukan uji coba, klik tombol Merah, apa yang akan terjadi? Ya warna tabel akan berubah menjadi warna merah. Seperti berikut.
membuat fungsi tombol pada excel

Dan begitu pun sebaliknya, jika tombol Kuning di klik maka tabel warna merah akan berubah jadi warna Kuning, Ajaib Bukan?

http://rumuslengkap.com/excel-dasar/belajar-membuat-fungsi-tombol-pada-excel/
.
.